Minggu, 05 Februari 2012

Komunikasi Massa


1.      Bagimanakah peran dan urgensi komunikasi massa bagi bidang pendidikan, khususnya bidang teknologi Pendidikan?
Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu penyampaian pesan kepada sumber pesan melalui saluran/media tertentu kepenerima pesan-pesan, sumber pesan, saluran/media dan penerima pesan adalah komponen-komponen proses komunikasi. Pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi ajaran ataupun didikan yang ada dalam kurikulum, sumber pesannya bias guru, sisiwa, orang lain ataupun penulis buku dan produser media; saluraanya media pendidikan dan penerima pesannya adalah siswa atau juga guru.
Peran komunikasi massa dalam bidang pendidikan khususnya bidang teknologi pendidikan adalah bagian dari teknologi komunikasi pendidikan. Karena teknologi pendidikan dapat dipandang sebagai manfaat media teknologi untuk tujuan pandidikan, secara khusus menciptakan teknologi pendidikan dan dapat pula berupa pendekatan-pendekatan, kritis dan ilmiah tentang pendidikan dari teknologi pendidikan; teknologi komunikasi pandidikan pendidikan mempunyai implikasi tertentu. Dengan kata lain bahwa teknologi komunikasi pendidikan adalah teknologi untuk komunikasi dalam pendidikan, teknologi dalam pendidikan adalah suatu penerapan dari ilmu pengetahuan tentang tingkah laku (behavioral science), ilmu komunikasi dan ilmu menejemen. Hal itu dapat kita perhatikan pada proses pendiddikan itu sendiri, karena sebuah sisitem dan proses ini akan mengalami perubahan sebagai akibat dari adannya suatu dimensi baru yang berupa media sebagai salah satu produk dari suatu teknologi karena terus berkembangnya teknologi.

2.      Menurut pendapat saudara, manakah media massa yang secara potensial tepat untuk mendukung bidang pendidikan: radio, televisi, surat kabar, majalah, film, rekaman atau media massa berbasis internet? Apa kelebihan/karakteristiknya yang khas sehingga media tersebut sudara anggap potensial?
Menurut saya semua media massa memiliki potensi yang berbeda-beda pada masing-masing media. Namun, saya memilih media Internet yang sangat potensial untuk pendidikan, karena dengan media internet semua media seperti Televisi, radio, Koran, majalah, surat kabar dapat dimasukan menjadi satu. Karakteristik media internet yang bisa diakses dimana saja, dan kapan saja dan bisa menjangkau seluruh orang dari berbagai penjuru dunia, menjadikan media ini sangat flexible dan potensial untuk dunia pendidikan.

3.      Apakah buku teks dan film sinema merupakan media massa? Mengapa?
Buku teks dan             Film merupakan salah satu jenis media massa. Media cetak atau buku teks telah menciptakan kebutuhan baru bagi dunia, yaitu kebutuhan akan informasi. film mampu merekonstruksikan realitas sosial ke dalam simbol (audio) visual. Sebagai media, film juga mampu berperan sebagai alat pengawal demokratisasi. Karena, dalam konteks kehidupan sosial politik, film dapat berperan sebagai media penyalur aspirasi. Dalam aras kehidupan kultural, film merupakan wahana ekspresi budaya yang berupa produk kesenian visual yang lebih interpretatif dari pada foto atau lukisan. Pembuat film telah membingkai realitas sesuai dengan subjektivitasnya yang dipengaruhi oleh kultur dan masyarakatnya. Sebuah film tentu dapat mewakili pula pandangan pembuatnya, dan seseorang membuat film untuk mengkomunikasikan pandangan itu. Dengan kata lain film juga mengandung ideologi pembuatnya yang dapat mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap suatu hal.

4.      Dalam kajian ilmu sosial, dikenal istilah “konstruksi sosial”. Bagaimanakah peran media massa dalam penciptaan konstruksi sosial tersebut?
Di dalam buku yang berjudul, Konstruksi Sosial Media Massa; Realitas Iklan Televisi dalam Masyarakat Kapitalistik, teori dan pendekatan konstruksi sosial atas realitas Peter L. Berger dan Thomas Luckman telah direvisi dengan melihat variabel atau fenomena media massa menjadi hal yang substansial dalam proses eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Artinya, sifat dan kelebihan media massa telah memperbaiki kelemahan proses konstruksi sosial atas realitas yang berjalan lambat itu. Substansi “konstruksi sosial media massa” adalah pada sirkulasi informasi yang cepat dan luas sehingga konstruksi sosial yang berlangsung sangat cepat dan sebarannya merata. Realitas yang terkonstruksi itu juga membentuk opini massa, massa cenderung apriori, dan opini massa cenderung sinis.
Peran“konstruksi sosial media massa” adalah mengoreksi substansi kelemahan dan melengkapi “konstruksi sosial atas realitas”, dengan menempatkan seluruh kelebihan media massa dan efek media pada keunggulan “konstruksi sosial media massa” atas “konstruksi sosial atas realitas”. Namun, proses simultan yang digambarkan di atas tidak bekerja secara tiba-tiba, namun terbentuknya proses tersebut melalui beberapa tahap penting.

5.      Sebagai generasi muda “era masa kini”, saudara pasti pernah, sering atau selalu memanfaatkan media massa. Berikan/deskripsikan pengalaman saudara yang saudara anggap menarik ketika menggunakan media massa. Kesan atau impresi apa yang anda dapatkan.  Lalu apa pandangan dan harapan saudara terhadap pengalaman tsb.
Media massa merupakan salah satu bagian penting dari perkembangan peradaban manusia. Jika  tanpa media massa, kita takkan tahu apa yang terjadi di belahan dunia lain. Tanpa media massa, para bisnismen akan kesulitan untuk membuat keputusan-keputusan tepat untuk masa depan bisnis mereka. Tanpa media massa, para pemimpin dunia akan sulit membuat kebijakan strategis yang tepat. Tanpa media massa, para ilmuwan dan inovator akan kesulitan memanfaatkan temuan-temuan yang telah di buat di belahan dunia lain sehingga produktifitas mereka sangat lamban. Tanpa media massa, sistem budaya unggul takkan mampu ditularkan dengan cepat.
Menurut Tomy T. Ahonen, seorang konsultan strategi 3G, sampai saat ini peradaban dunia telah mengenal tujuh media massa. Ketujuh media massa tersebut adalah media cetak (printing), media rekam (recording), film (cinema), radio, TV, internet, mobile phone. Masing-masing dari ketujuh media massa ini memiliki kesempatan baru, industri baru dan keahlian baru.
Menurut saya sendiri, media massa yang saya anggap sering dan menarik ketka saya gunakan adalah Internet. Internet merupakan media pertama yang bisa mengadopsi semua sifat media sebelumnya. Internet juga menambahkan dua sifat yang mustahil diberikan oleh lima media sebelumnya, yaitu interaktifitas (interactivity) dan pencarian (search). Internet menyediakan sebagian besar media yang diinginkan manusia: blog, wiki, jurnalisme warga, peer production, collective intellegence, netvibes dan del.icio.us. Internet menyediakan game, jaringan sosial (social networking), e-mail, searcing engine, percakapan (chat), browsing, music, software, TV, radio dan lainnya.
Jika lima media sebelumnya dikonsumsi secara pasif (“cold” mass media), maka internet bisa dikonsumsi secara aktif (“hot” mass media). Artinya setiap pengguna bisa menciptakan dan berpartisipasi di dalam media.
Keberadaan internet, terutama program nepster, mampu menurunkan tingkat konsumsi musik dunia hingga lebih dari 10 persen. Internet juga menciptakan profesi baru, yaitu web designer. Keberadaan mesin pencari, seperti Google, berhasil mengubah pola iklan produk. Selain itu juga lahir apa yang dinamakan blogger.

1 komentar:

  1. casino with free coins no deposit no deposit bonus 2021
    casino 청주 출장마사지 with free coins no deposit bonus 2021-11-06. Visit the bonus store 경산 출장마사지 at the top of the page, and 광주광역 출장안마 tap the “Join Now” button to activate the casino 남원 출장샵 welcome 밀양 출장안마

    BalasHapus